Popular Post

Posted by : Taufiq Jga Vizard Kamis, 18 Mei 2017

Oleh Bpk Kurniawan Muhammad


        Keberadaan Radar Malang tidak bisa terlepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang, sejak tahun 1980-an.Pada yahun 1999menjelang diberlakukannya Otonomi Daerah, Jawa Pos membuat 7 Radar di Jawa Timur. Radar singkatan dari berita daerah.



  • 7 Radar yang berdiri tahun 1999 :
    • Malang
    • Kediri
    • Jember
    • Bromo
    • Madiun
    • Bali
    • Madura
  • Sekarang di Jawa Timursudah ada 12 Radar :
    • Banyuwangi
    • Surabaya
    • Tulungagung
    • Mojokerto
    • Jombang

Radar Malang dan Jawa Pos Group
          Jawa Pos sebagai holding (perusahaan induk) mempunyai banyak anak perusahaan dengan berbagai macam jenisnya.
  • Media Cetak
    • Punya koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300-an koran. Dari 300-an koran di setiap provinsi ini, kebanyakan punya anak perusahaan lagi berupa koran di kota-kotanya masing-masing.
    • Punya majalah sedikitnya 100-an.
    •  Punya Tabloid sedikitnya 70-an.  
    • Setiap koran dibagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya.
    • Radar Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar (JPR). Ada 18 koran lokal. Wilayahnya Jawa Timur, Jawa bagian Tengah (Semarang, Jogja, Solo dan Kudus), dan Bali (Bali dan Bali Ekspres).
    • Radar Malang sampai saat ini, terbesar dalam hal oplah (jumalh copy surat kabar) dan kapitalisasi (omset, laba).
  • Media Elektronik
    • Mempunyai jaringan televisi lokal setidaknya 35 televisi lokal
  • Media Online
    • Jawa Pos Digital
    • Jawa Pos.com
    • Online di seluruh daerah
  • Hotel
    • News Hotel
  • Percetakan
    • Temprina
  • Pabrik Kertas
    • Adiprima Suraprinta
  • Power Plant
Bisnis Koran
  • Bisnis koran adalah khas.
  • Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang.
  • Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa.
  • Jam kerja yang khas (divisi redaksi).

Tantangan Bisnis Koran 
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik. 
2. Life Style yang berubah
    • Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
    • Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
    • Angka usia muda trennya selalu meningkat.
    • Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang               semakin muda.

What Did Radar Malang Do? 
1. Strategi Konten
    • Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up.
2. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak) 
    • Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
3. Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
    • News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat. 
    • Filosofi Part of The Show 
      Menciptakan berita yang berbeda. Dengan berita yang berbeda itu, memunculkan kesan: “Hanya       Radar Malang yang mampu melakukan”.
4. Menggaet minta baca pemuda
    • Rubrik Zetizen
    • Mengenalkan koran kepada generasi Z
    • Saat ini sudah punya 2.158 member
    • Pembaca usia muda < 20 tahun
5. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan
6. Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat.
    • brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public. Tampil melalui berita di koran saja             tidak cukup.
    • Butuh Off Print (event)
      Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event Radar         Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!

5 Unsur Dasar Strategi  Marketing  Radar Malang
1. Penentuan Pasar
    • Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
    • Segmentasi prioritas:
    • Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
    • Young People
    • Women
    • Netizen
    • Young Family
    • Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam            posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2. Perencanaan Produk
    • Peduli Packaging
    • Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
    • Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu              yang memegang peranan penting adalah lay out.
3. Manajemen Harga
    • Ada harga psikologis yang harus dijaga
    • Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
    • Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4. Distribusi
    • Jalur koran masih konvensional
    • Percetakan => Ekspedisi => Agen => Sub Agen => Striker => Pembaca/Pelanggan/Pembeli
    • Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me-              maintenance mereka dengan baik.
5. Promosi dan Komunikasi
    a. Promotion by Product
        • Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
        • Produk kita berbeda
        • Produk kita nomor satu
        • Produk kita berpengaruh
    b. Promotion by customer satisfaction
        • Promosi dengan target kepuasan pelanggan
        • Tidak menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Ilmu - Date A Live - Powered by Blogger -