- Back to Home »
- Bussiness Practice »
- Fungsi Bisnis (Radar Malang)
Posted by : Taufiq Jga Vizard
Kamis, 18 Mei 2017
Oleh Bpk Kurniawan Muhammad
Keberadaan Radar Malang tidak bisa terlepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang, sejak tahun 1980-an.Pada yahun 1999menjelang diberlakukannya Otonomi Daerah, Jawa Pos membuat 7 Radar di Jawa Timur. Radar singkatan dari berita daerah.
- 7 Radar yang berdiri tahun 1999 :
- Malang
- Kediri
- Jember
- Bromo
- Madiun
- Bali
- Madura
- Sekarang di Jawa Timursudah ada 12 Radar :
- Banyuwangi
- Surabaya
- Tulungagung
- Mojokerto
- Jombang
Radar Malang dan Jawa Pos Group
Jawa Pos sebagai holding (perusahaan induk) mempunyai banyak anak perusahaan dengan berbagai macam jenisnya.
- Media Cetak
- Punya koran di semua provinsi di Indonesia, dengan jumlah sedikitnya 300-an koran. Dari 300-an koran di setiap provinsi ini, kebanyakan punya anak perusahaan lagi berupa koran di kota-kotanya masing-masing.
- Punya majalah sedikitnya 100-an.
- Punya Tabloid sedikitnya 70-an.
- Setiap koran dibagi dalam cluster-cluster berdasarkan kewilayahannya.
- Radar Malang berada dalam cluster Jawa Pos Radar (JPR). Ada 18 koran lokal. Wilayahnya Jawa Timur, Jawa bagian Tengah (Semarang, Jogja, Solo dan Kudus), dan Bali (Bali dan Bali Ekspres).
- Radar Malang sampai saat ini, terbesar dalam hal oplah (jumalh copy surat kabar) dan kapitalisasi (omset, laba).
- Media Elektronik
- Mempunyai jaringan televisi lokal setidaknya 35 televisi lokal
- Media Online
- Jawa Pos Digital
- Jawa Pos.com
- Online di seluruh daerah
- Hotel
- News Hotel
- Percetakan
- Temprina
- Pabrik Kertas
- Adiprima Suraprinta
- Power Plant
Bisnis Koran
• Bisnis koran adalah khas.
• Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang.
• Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa.
• Jam kerja yang khas (divisi redaksi).
• Bisnis koran adalah khas.
• Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang.
• Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa.
• Jam kerja yang khas (divisi redaksi).
Tantangan Bisnis Koran
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
2. Life Style yang berubah
• Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
• Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
• Angka usia muda trennya selalu meningkat.
• Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda.
1. Gempuran Online, Media Sosial dan media elektronik.
2. Life Style yang berubah
• Orang semakin suka dengan hal-hal yang praktis
• Mempengaruhi pola orang memasang iklan
3. Perubahan demografis
• Angka usia muda trennya selalu meningkat.
• Sehingga koran ditantang untuk selalu bisa menyesuaikan dengan keinginan pembaca yang semakin muda.
What Did Radar Malang Do?
1. Strategi Konten
• Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up.
2. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)
• Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
3. Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
• News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
• Filosofi Part of The Show
Menciptakan berita yang berbeda. Dengan berita yang berbeda itu, memunculkan kesan: “Hanya Radar Malang yang mampu melakukan”.
4. Menggaet minta baca pemuda
• Rubrik Zetizen
• Mengenalkan koran kepada generasi Z
• Saat ini sudah punya 2.158 member
• Pembaca usia muda < 20 tahun
5. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan
6. Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat.
• brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public. Tampil melalui berita di koran saja tidak cukup.
• Butuh Off Print (event)
Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event Radar Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!
1. Strategi Konten
• Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, Blow Up.
2. Membuat Online berbasis Print (edisi cetak)
• Berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak.
3. Strategi Dekat dengan Pembaca/Masyarakat
• News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
• Filosofi Part of The Show
Menciptakan berita yang berbeda. Dengan berita yang berbeda itu, memunculkan kesan: “Hanya Radar Malang yang mampu melakukan”.
4. Menggaet minta baca pemuda
• Rubrik Zetizen
• Mengenalkan koran kepada generasi Z
• Saat ini sudah punya 2.158 member
• Pembaca usia muda < 20 tahun
5. Menggaet Komunitas, Keluarga, Perempuan
6. Harus selalu berada dalam “alam bawah sadar” pembaca/masyarakat.
• brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke public. Tampil melalui berita di koran saja tidak cukup.
• Butuh Off Print (event)
Radar Malang gencar membuat event (one month one event plus event mingguan) Event Radar Malang: Baru pertama, Berbeda, Heboh…!!!
5 Unsur Dasar Strategi Marketing Radar Malang
1. Penentuan Pasar
• Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
• Segmentasi prioritas:
• Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
• Young People
• Women
• Netizen
• Young Family
• Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2. Perencanaan Produk
• Peduli Packaging
• Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
• Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.
3. Manajemen Harga
• Ada harga psikologis yang harus dijaga
• Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
• Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4. Distribusi
• Jalur koran masih konvensional
• Percetakan => Ekspedisi => Agen => Sub Agen => Striker => Pembaca/Pelanggan/Pembeli
• Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me- maintenance mereka dengan baik.
5. Promosi dan Komunikasi
a. Promotion by Product
• Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
• Produk kita berbeda
• Produk kita nomor satu
• Produk kita berpengaruh
b. Promotion by customer satisfaction
• Promosi dengan target kepuasan pelanggan
• Tidak menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.
1. Penentuan Pasar
• Penentuan STP (segmentation, Targeting, Positioning)
• Segmentasi prioritas:
• Menengah (kelas B), menengah ke atas (AB), dan atas (A).
• Young People
• Women
• Netizen
• Young Family
• Segmentation adalah bidikan. Targeting adalah destinasi. Positioning adalah kemapanan dalam posisinya yang kokoh dan semakin kuat.
2. Perencanaan Produk
• Peduli Packaging
• Packaging harus selalu menarik, dinamis, memudahkan pembaca dan kreatif
• Packaging di sini adalah terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. Salah satu yang memegang peranan penting adalah lay out.
3. Manajemen Harga
• Ada harga psikologis yang harus dijaga
• Harus benar-benar cermat dalam merumuskan harga koran
• Di dalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen.
4. Distribusi
• Jalur koran masih konvensional
• Percetakan => Ekspedisi => Agen => Sub Agen => Striker => Pembaca/Pelanggan/Pembeli
• Karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan striker, maka harus benar-benar bisa me- maintenance mereka dengan baik.
5. Promosi dan Komunikasi
a. Promotion by Product
• Bisa meyakinkan dan membuktikan kepada pelanggan, pembeli, pembaca, public bahwa:
• Produk kita berbeda
• Produk kita nomor satu
• Produk kita berpengaruh
b. Promotion by customer satisfaction
• Promosi dengan target kepuasan pelanggan
• Tidak menjual iklan/koran secara langsung, tapi menjual ide/konsep sesuai kebutuhan klien.